Pages

Kamis, 01 Maret 2018

Animation & Design Grafis

ANIMATION
Kata animasi berasal dari kata kerja dalam bahasa latin animare, yang berarti “menghidupkan” atau “memberi nafas” (Wright, 2005). Sehingga animasi dapat didefinisikan sebagai upaya untuk menghidupkan atau memberi kesan atau ilusi hidup atau bergerak dari gambar diam atau benda mati. Secara teknis animasi berarti menghidupkan urutan still image (gambar tidak bergerak), atau teknik memfilmkan susunan gambar atau model untuk menciptakan rangkaian gerakan ilusi. Pengertian yang menarik dikemukakan oleh Norman McLaren, salah seorang seorang pioneer dalam experimental animation yang mengemukakan bahwa “Animation is not the art of drawing that move, but rather the art of movement that are drawn. What happen betwent each frame more important than what happens on each frame” (Solomon dalam Wells, 1998).
Jadi animasi dibentuk dari model-model gerakan yang divisualkan secara grafis maupun obyek. Dalam hubungannya dengan realitas dan film berbasis live shot atau live action, menarik untuk menilik apa yang dikemukakan oleh dua orang animator asal Ingris John Halas dan Joy batchelor yang mengemukanan bahwa “If it’s the live-action film job to present physical reality, animated film is concerned with methaphysical reality-not how thing ook, but what they mean” (Hoffer dalam Weels, 1998).

Berdasarkan tinjauan sejarah, film animasi telah berkembang pesat meskipun baru satu abad usianya. Yaitu sejak film animasi pendek dengan teknik stop motion pertama di dunia yang dibuat oleh Arthur Melbourne-Cooper yang berjudul Matches: An Apeal pada tahun 1899, yang dilanjutkan dengan animasi berbasis gambar (hand drawn animation) pertama yang dibuat oleh seorang kartunis Amerika James Struat Blacton yang berjudul Humorous Phases of Funny Faces pada tahun 1906. Sedangkan film animasi panjang (feature) pertama yang tercatat dalam sejarah adalah animasi siluet Adventures of Prince Achmed yang diproduksi oleh Lotte Reiniger dari Jerman pada tahun 1926.

Animasi kemudian dikenal diseluruh dunia dan menjadi industri besar yang menandai era emas animasi tradisional (golden age of animation), di mana puncaknya terutama berkat ketekunan dan kerja keras Walt Disney dan timnya dengan memproduksi film animasi panjang berwarna pertama di dunia pada tahun 1937 yang berjudul Snow White and Seven Dwarft.

Dan hingga awal puncaknya yang ditandai dirilisnya film animasi panjang 3 dimensi pertama didunia "Toy Story" pada tahun 1995 oleh studio PIXAR.

Animasi itu ternyata sudah ada dari puluhan ribu tahun lalu, banyak ditemukannya artefak ataupun gambar-gambar di dalam goa yang mendukung teori tersebut. Banyak ditemukannya gambar-gambar binatang berkaki delapan yang digambar oleh orang purba, para ahli memperkirakan pada 30.000 SM (Sebelum Masehi) orang-orang purba berusaha untuk menangkap gerakan lari dari binatang-binatang tersebut.
Sejarah singkat animasi :
  1. Tahun 1500-an > Ditemukannya awal mula dari proyektor modern. Giovanni Fontana(Ilmuwan).
  2. Tahun 1600-an > Ditemukannya The Magic Lantern. Christiaan Huygens yang dianggap sebagai ilmuwan yang berhasil mengembangkan alat ini di sekitar tahun 1650-an, dan dianggap mampu memanggil arwah/hantu.
  3. Tahun 1800-an > Masih pengembangan dari alat The Magic Lantern, dibuatlah Phantasmagoria. Alat ini diciptakan di Prancis oleh ilmuwan Belgia, digunakan untuk memproyeksikan berbagai macam trik pertunjukkan, terutama untuk memproyeksikan gambar arwah/hantu.
  4. Tahun 1824 > Ditemukannya Thaumatrope oleh Sir John Herschel seorang ilmuwan Inggris, namun John Ayrton Paris yang juga seorang ilmuwan Inggris yang mempopulerkannya ketika mendemonstrasikan presentasinya ‘The persistence of vision with regard to moving objects’ di Royal College of Physicians.
  5. Tahun 1830-an > Pada tahun 1831 ditemukannya Phenakistoscope. Alat ini adalah alat animasi pertama. Prinsip alat Euclid(Ahli matematika dari Yunani), dibuat alatnya oleh Joseph Plateau(Ilmuwan Belgia), dan dikembangkan lagi oleh Simon Von Stampfer(Ilmuwan Austria).
  6. Tahun 1868 > Adalah John Barnes Linnett yang mematenkan produk Flip Book pada tahun 1868 ini dengan nama kineograph “moving picture”. 
  7. Tahun 1872 > Eadweard Muybridge mulai membuat gambar binatang yang berurutan sedang melakukan kegiatan (lari, jalan) dengan menggunakan foto. 
  8. Tahun 1877 > Muncul animasi yang dapat diproyeksikan ke layar untuk pertama kali, diciptakan di Prancis oleh seorang guru sains yang bernama Charles-Émile Reynaud. Reynaud menciptakan sebuah alat yag bernama Praxinoscope, menggunakan sistem kerja yang sama seperti Phenakistoscope dan bentuknya mirip dengan alat Zoetrope. 
  9. Tahun 1900 > dibuatlah film yang digabung dengan animasi dengan judul The Enchanted Drawing, disutradarai oleh J. Stuart Blackton. 
  10. Tahun 1908 > Di Eropa, seorang seniman karikatur Prancis bernama Émile Cohl (lahir dengan nama Émile Eugène Jean Louis Courtet) menciptakan sebuah film animasi pertama yang menggunakan metode animasi tradisional (menggambar manual frame per frame) dengan judul Fantasmagorie. 
  11. Tahun 1910, produksi film pendek animasi atau yang biasa disebut kartun sudah menjadi industri sendiri dan kartun pendek mulai diproduksi untuk ditayangkan di bioskop-bioskop.
  12. Tahun 1914, membuat animasi menggunakan teknik animasi tradisional semakin berkembang, dimulailah pembuatan gambar manual yang lebih detail frame per framenya. Adalah Winsor McCay, seorang kartunis koran yang menghasilkan film Gertie the Dinosaur pada tahun 1914 dan The Sinking of the Lusitania pada tahun 1918. Film Gertie the Dinosaur sendiri cukup mengagumkan dengan menggunakan 10.000 gambar manual.
  13. Tahun 1920, Otto Messmer menciptakan Felix the cat, merupakan film kartun yang sukses pada masa itu, dan merupakan film kartun pertama yang dibuat barang dagangannya (boneka, mainan, dsb).
  14. Walt Disney didirikan pada tahun 1923, oleh Walt Disney. 
Beberapa animasi - animasi karya anak Indonesia :

Design Grafis
Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

Contoh Design Grafis :
Di tahun 1953, Baskin Robbins menghasilkan sebuah inovasi dimana mereka menawarkan es krim dengan total 31 rasa. Angka 31 ini dimunculkan dalam logo mereka, terlihat jelas di  antara nama Baskin dan Robbins, tidak seperti sekarang ini.
Logo perusahaan ini memberikan kata amazon dengan panah di bawah huruf a sampai huruf z. Panah itu sendiri memberikan dua arti, yang pertama adalah bahwa amazon selalu memberikan kepuasan kepada pelanggannya sehinga mereka tersenyum, dengan lubang di kedua huruf a sebagai mata. Kedua adalah bahwa amazon memberikan keragaman produk yang tidak terbatas dari „a‟ sampai „z‟.


Design" grafis :
Sumber Referensi :
  1. http://research-dashboard.binus.ac.id/uploads/paper/document/publication/Proceeding/Humaniora/Vol.%203%20No.%202%20Oktober%202012/34_DVK_Joneta.pdf
  2. http://www.ngobrolanimasi.com/sejarah-singkat-animasi-bagian-1/
  3. http://www.ngobrolanimasi.com/sejarah-singkat-animasi-bagian-2/
  4. http://www.academia.edu/28850539/Sejarah_Desain_Grafis_dan_Perkembangannya_di_Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar